6 Perbedaan Emas Antam dan UBS : Okezone Economy

JAKARTA- Perhatikan 6 perbedaan emas Antam dan UBS agar tidak membuat Anda rugi. Meski sama-sama logam mulia, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan mendasar.

Ketika memilih antara Emas Antam dan UBS sebagai sarana investasi emas, ada banyak faktor yang harus dipertimbangkan.Tak dapat disangkal bahwa keduanya menawarkan kelebihan masing-masing, dan pemilihan tergantung pada kebutuhan dan tujuan investor.

Berikut 6 perbedaan emas antam dan UBS yang harus diketahui sebelum investasi emas melansir berbagai sumber:

1. Produsen Asal

Keduanya emas ini memiliki nama yang berbeda karena berasal dari produsen yang berbeda pula. Emas antam merupakan produk logam mulia dari PT Aneka Tambang (PT Antam yang sudah berdiri sejak 1986. PT Antam merupakan anak perusahaan dari PT Inalum (Persero) perusahaan milik BUMN.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News


Sementara, emas UBS merupakan produk dari PT Untung Bersama Sejahtera (UBS). Perusahaan ini berdiri sejak tahun 1981. Sebagai perusahaan swasta, PT Untung Bersama Sejahtera tidak hanya memproduksi emas UBS tetapi juga brand perhiasan lainnya.

2. Sertifikasi Emas

Selain itu produk logam mulia ini memiliki sertifikasi emas yang berbeda. PT Antam menawarkan sertifikasi berstandar global London Bullion Market Association (LBMA). Dengan begitu pemilik emas dapat menjual emas Antam di luar negeri.

Berbeda dengan PT UBS yang hanya memiliki sertifikat berstandar nasional. Pembelian emas di bawah 5 gram menerima sertifikat dalam bentuk kartu SIM yang menyertai emas. Sedangkan, emas 5 gram akan diberikan sertifikat hologram terpisah.

Baca Juga  Saya Hormat pada Petani, TNI Berutang Budi

3. Ukuran Emas yang Ditawarkan

Tidak banyak perbedaan emas antam dan UBS dari segi ukuran. Hanya saja ukuran emas Antam lebih beragam daripada UBS.

Antam menyediakan emas berukuran meliputi 0,5 gr, 1 gr, 2 gr, 2,5 gr, 3 gr, hingga 10 gr. Untuk ukuran besar tersedia dari 25 gr, 50 gr, 100 gr, 250 gr, 500 gr, bahkan hingga 1 kg.

Ukuran emas UBS tersedia mulai dari 0,5 gr, 1 gr, 2 gr, 3 gr, 5 gr, 10 gr, 25 gr, 50 gr, sampai 100 gr. Bentuk dan ukuran keduanya juga sangat bervariasi.

4. Harga

Dari segi harga, Antam cenderung menjual logam mulia lebih mahal. Hal ini lantaran PT Antam memegang sebagian besar aset berharga di Indonesia. Meski demikian, baik Antam maupun UBS memiliki harga logam mulia yang terus meningkat.

5.Lokasi Beli

Adapun lokasi beli kedua jenis emas ini tidak jauh berbeda. Inverter dapat memberi emas UBS dan Antam di toko emas, market online, pegadaian, dan masing-masing kantor cabang.

Perbedaan emas antam dan UBS, investor dapat membeli emas UBS di booth yang tersedia di pusat perbelanjaan mengingat UBS juga menjual perhiasan seperti Venus dan Starshine.

6. Lokasi Jual

Emas Antam yang sudah bersertifikat LBMA tentu lebih mudah dalam proses penjualan. Investor dapat menjual baik di dalam maupun diluar negeri. Untuk emas UBS sendiri dapat dijual di toko resmi UBS atau toko emas.

Demikian 6 perbedaan emas antam dan UBS.

(RIN)

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Baca Juga  Eks Ketua KPK Curhat Dimarahi Jokowi Minta Kasus Setnov Disetop, Mahfud MD: Biar Masyarakat Menilai

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *