8 Faktor Risiko Sakit Jantung

Jakarta: Sakit jantung merupakan penyakit yang sering diasosiasikan dengan orang yang berumur lebih tua. Namun, penelitian menunjukkan bahwa prevalensi penyakit jantung pada orang muda meningkat secara signifikan dalam beberapa dekade terakhir. 

Penyakit ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, namun salah satu faktor yang paling besar menyumbang risiko untuk terserang penyakit ini yaitu gaya hidup yang tidak sehat.

Dr. Markz Roland Mulia Pargomgom Sinurat, Sp.JP, FIHA, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Eka Hospital Cibubur mengatakan sakit jantung pada usia tua disebabkan oleh multifaktorial sehingga merusak jantung dan pembuluh darah dan menyebabkan gagal jantung, gangguan irama jantung/aritmia, dan penyakit jantung koroner.

Ini akhirnya membuat banyak orang beranggapan bahwa sakit jantung hanya akan menyerang orang yang sudah berusia tua, namun apakah anggapan itu benar? Dr. Markz menjelaskan tidak. 



(Penanganan penyakit jantung tergantung pada jenisnya. Metode pengobatannya bisa dengan perbaikan gaya hidup, pemberian obat-obatan untuk jantung, atau tindakan operasi. Foto: Ilustrasi/Dok. Unsplash.com)

 

Faktor yang tingkatkan terserang penyakit jantung

Lalu, apa saja faktor yang meningkatkan kamu terserang penyakit jantung? Dr. Markz menjelaskannya di antaranya:

  1. 1. Genetik
  2. 2. Terlalu sering konsumsi makanan lemak tinggi
  3. 3. Tekanan darah tinggi
  4. 4. Tingkat stres tinggi
  5. 5. Jarang berolahraga
  6. 6. Obesitas
  7. 7. Diabetes
  8. 8. Merokok

Bertambahnya usia seseorang terkadang juga dapat membuat tubuh mereka menjadi lebih rentan terhadap zat sodium yang biasa ditemukan di garam.

Jika berlebihan, ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi semakin tinggi dan meningkatkan risiko kamu untuk terkena serangan jantung.
(TIN)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Tak Hanya Marselino Ferdinan, Pemain Keturunan Inggris Ini Dimungkinkan Absen Bela Timnas Indonesia di Putaran 2 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *