Anggap Kebakaran Tungku Smelter Musibah, Adian Napitupulu Tetap Minta Perusahaan Tingkatkan SOP

Suara.com – Anggota Komisi VII DPR RI Adian Napitupulu, menyoroti peristiwa kebakaran tungku smelter PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Kawasan Industri Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi pada Minggu (24/12/2023) lalu.

Peristiwa tersebut mengakibatkan 19 orang meninggal dunia. Diketahui belasan korban tewas tersebut, 11 diantaranya merupakan warga negara Indonesia (WNI) sementara sisanya merupakan WNA asal China.

“Kebakaran ini bukanlah keinginan siapapun. Ini memang musibah dan seluruh bangsa pasti berduka cita atas jatuhnya korban jiwa,” kata Adian saat dikonfirmasi awak media, Jumat (29/12/2023).

Politikus PDI Perjuangan ini menuturkan, prioritas pertama yang harus dilakukan adalah penanganan serius terhadap korban.

Kemudian, uang duka yang dijanjikan perusahaan serta tanggunan pendidikan jangan sampai ditunda-tunda dan melalui proses yang berbelit

“Apa yang sudah dijanjikan harus segera direalisasikan sehingga tidak menambah derita korban,” tegas Adian.

“Sebagai anggota DPR maka kecepatan penanganan dan sikap bertanggungjawab tentu perlu diapresiasi karena itu mejadi bukti sikap bahwa peristiwa itu bukanlah kesengajaan,” kata dia.

Adian juga mendorong agar investigasi ledakan tersebut agar segera di lakukan. Ini bertujuan agar kejadian serupa tidak kembali terulang.

Para pihak yang meneti tentang Smelter, lanjut Adian, juga perlu dilibatkan, hal itu agar proses produksi terus bisa berjalan dan pekerja bisa bekerja dalam suasana kerja yang aman dari peristiwa serupa.

“Saya berharap agar perusahaan meningkatkan SOP dan kontrol terhadap SOP seperti misalnya ketika sedang melakukan pemeriksaan, pembersihan ataupun perbaikan tungku maka setidaknya area dalam radius tertentu di kosongkan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng) dilaporkan mengalami ledakan hebat.

Baca Juga  Disebut Makanan Indonesia oleh Pembalap MotoGP Fabio Quartararo, Ini Fakta dan Asal Muasal Nasi Goreng

Insiden ini disertai dengan berita tentang korban jiwa yang jatuh sebagai dampak dari kejadian tersebut.

Informasi awal menyebutkan bahwa ledakan tungku smelter PT ITSS terjadi di wilayah PT Indonesia Morowali Industrial Park (PT IMIP) di Kecamatan Bahodopi, pada Minggu (24/12/2023) pagi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *