Biaya Hidup Melanjutkan Pendidikan S2 di Eropa dengan Kredit BRIguna

Suara.com – Pendidikan S2 di Eropa menjadi impian banyak orang, karena jika berhasil mendapatkan gelar master dari universitas ternama di Eropa seperti Oxford, Cambridge, Imperial College dan deretan kampus top di Eropa merupakan kebanggaan tersendiri. 

Namun, biaya hidup selama melanjutkan pendidikan S2 di Eropa tidaklah murah. Karena itu kita perlu memiliki persiapan keuangan yang matang untuk menunjang kehidupan selama menjalani pendidikan S2 di Eropa.

Kamu perlu menghitung berapa banyak biaya yang dibutuhkan selama masa studi. Juga perlu mempertimbangkan sumber dana yang dimiliki, baik dari tabungan pribadi, beasiswa, maupun pinjaman.

Berikut ini adalah beberapa panduan yang bisa kamu terapkan untuk bertahan hidup ketika melanjutkan pendidikan S2 di Eropa.

1. Hidup Hemat

Kamu bisa mulai dengan hal yang paling kecil yaitu dengan melakukan hidup hemat. Dengan membeli bahan makanan atau barang-barang yang memiliki harga yang lebih miring.

Mengutamakan pembelian barang atau bahan primer. Kemudian kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas kampus, misalnya untuk berolahraga sehingga kamu tidak perlu mendaftar member gym di luar sana.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan perpustakaan kampus, untuk mencari infomasi seperti jurnal, ilmu pengetahuan atau bahkan sekedar mencari hiburan seperti membaca novel.

2. Kerja Paruh Waktu

Kerja paruh waktu menjadi salah satu sumber uang saku yang dapat kamu coba untuk menambah uang untuk bertahan hidup.

Opsi ini menjadi hal yang lazim di kalangan mahasiswa yang belajar di luar negeri. Pekerjaan yang dapat kamu lakukan pun beragam. Mulai dari menjadi pelayan toko, cleaning service, penjaga bayi. Selain itu, menjadi freelance juga menjadi opsi yang sedang marak untuk menambah uang sakumu.

Baca Juga  Kurs Rupiah Sedikit Menguat Jelang Pembacaan Nota Keuangan

Freelance dapat dilakukan mulai dari menjadi translator dokumen, menjadi desainer grafis, videografer, penulis naskah dan masih banyak lagi. Selain menambah uang saku. Dengan melakukan pekerjaan paruh waktu juga dapat membantu kamu dalam meningkatkan skill mengatur waktu, negosiasi dan dengan kerja paruh waktu dapat meningkatkan skill public speaking kamu loh.

3. Buka Les Online

Membuka les online juga bisa solusi inovatif untuk menambah pemasukan biaya hidup di luar negeri secara mandiri. Dengan membuka les online, kamu tidak hanya mengumpulkan pundi-pundi uang tapi juga memanfaatkan keahlian atau pengetahuan khusus yang kamu miliki untuk membantu orang lain. 

Ada banyak platform daring yang saat ini menyediakan ruang bagi tutor atau mentor untuk menawarkan layanan pengajaran secara virtual kepada siswa yang membutuhkan bimbingan tambahan. 

Dengan membuka jasa les online dan kamu bisa memperluas jangkauan murid atau bahkan pertemanan dari berbagai lokasi yang pastinya akan menambah wawasan kamu baik bahasa maupun budaya.

Selain wawasan dan budaya, kamu juga bisa mengembangkan potensi diri dan membantu orang lain meraih keberhasilannya baik secara akademis maupun keberhasilan meraih cita-citanya.

4. Coba Atur Keuangan Dengan Ketat

Mengatur keuangan dengan ketat, dapat menjadi solusi bagi kamu untuk bertahan hidup di negara eropa. Setiap pelajar wajib menguasai keahlian ini untuk dapat bertahan hidup.

Tidak jarang ditemukan pelajar-pelajar rantauan yang terlilit hutang karena hasrat kehidupan sosialnya yang terlampau tinggi.

Hal yang dapat pertama kali dilakukan yaitu dengan melakukan pencatatan terhadap pengeluaran yang kamu lakukan.

Karena dengan itu kamu bisa menyeleksi transaksi mana yang terlalu besar sehingga kamu bisa hidup lebih hemat. Pencatatan keuangan dapat dilakukan melalui notes di handphone, excel, aplikasi budget monitoring dan mobile banking. 

Baca Juga  Kini Jadi Tersangka, Ingat Lagi Awal Perseteruan Denise Chariesta dengan Razman Arif Nasution

5. Manfaatkan Program Pinjaman Pendidikan

Kamu juga bisa menggunakan layanan pinjaman untuk kebutuhan pendidikan. Salah satunya fasilitas Kredit BRIguna yang dimiliki oleh BRI. Terutama bagi kamu yang merupakan karyawan tetap yang berekening gaji di BRI. 

Pengajuannya mudah dan cepat, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja melalui BRImo. Penasaran caranya? yuk simak langkah-langkah pengajuan BRIguna Digital melalui BRImo.

  • Pastikan kamu sudah mengaktifasi BRImo terlebih dahulu
  • Pilih menu “Lainnya”
  • Kemudian pilih ikon “Pinjaman BRI”
  • Pilih “Ajukan Baru”
  • Lalu pilih “Kredit Konsumtif”
  • Terakhir pilih “BRIguna”

Mudahkan? Eits, tapi selain proses pengajuannya yang cepat dan mudah, Kredit BRIguna juga memiliki bunga yang kompetitif dan biaya yang tergolong rendah, serta cicilan ringan.

Jangan biarkan masalah biaya menghalangi niat kamu untuk #BeraniWujudkanMimpi melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan Kredit BRIguna. Aku tunggu ya testimoni kalian!

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *