Debat Final Capres, Ganjar Sebut Keresahan Civitas Kampus Soal Demokrasi

Suara.com – Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyinggung keresahan yang muncul dari sejumlah tokoh dan civitas kampus terhadap demokrasi hari ini.

Menurutnya, kondisi demokrasi hari ini harus jadi catatan bersama.

“Dan tentu saja keresahan yang muncul dari Gus Mus, Muhammadiyah, Romo Van Magnis, dan kampus-kampus mesti menjadi catatan kita bersama. Bahwa kita dalam konteks ber-Indonesia, berbudaya dan semua dalam koridor yang baik,” katanya, Minggu (4/2/2024).

Lebih lanjut, Ganjar pun menjelaskan, alasan mau melakukan itu semua. Hal itu tak lain karena ingin menjadikan rakyat sebagai tuan dan jabatan hanya sebagai mandat.

“Kenapa ini mesti kita lakukan? Karena itulah suara-suara rakyat yang kami dengarkan oleh Ganjar-Mahfud, ketika kami tidur di rumah penduduk, ketika kami mendengarkan mereka. Maka mereka seluruh unek-uneknya, kenapa kami sampaikan, Tuanku adalah rakyat dan jabatannya ini hanyalah mandat,” katanya.

Sebelumnya, Ganjar memberikan contoh mundurnya Mahfud MD sebagai teladan, bagaimana menjadi pemimpin yang baik.

“Tentu saja bapak dan ibu, dalam politik kali ini itu musti diberikan contoh, demokrasinya harus lebih baik, demokratisasi berjalan baik, kemudian contoh atau teladan pemimpin yang juga baik dan tidak ada konflik kepentingan seperti Pak Mahfud contohkan dia mundur, agar ini membangun integritas yang baik,” katanya.

Debat Final Pilpres 2024

Debat final Pilpres 2024 kembali digelar di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024) malam yang mempertemukan tiga capres yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Pada debat yang berlangsung mulai jam 19.00 WIB, membahas tema kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Sementara subtema yang menjadi dasar debat ketiga capres meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, kesejahteraan sosial, dan inklusi.

Baca Juga  Sempat Ditinggalkan, Kini Mobil Transmisi Manual Mulai Dilirik Lagi, Kenapa?

Jurnalis dari TV One yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia akan memandu jalannya debat pamungkas. Selain itu, ada 12 panelis yang sudah merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh capres.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *