FIFA Puji Rumput di JIS hingga Disebut sebagai Aset Sepak Bola Tanah Air

Suara Denpasar – FIFA berikan puji terhadap kualitas rumput Jakarta Internasional Stadium (JIS), yang dipakai untuk Piala Dunia U-17

Saat ini JIS memang telah dipilih menjadi salah satu dari empat stadion, yang digunakan untuk laga Piala Dunia U-17. 

Sebelumnya rumput di JIS memang cukup menjadi sorotan, hingga disebut belum sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh FIFA. 

Dikutip dari laman Suara, Wakil Ketua Umum II PSSI, Ratu Tisha akhirnya angkat suara, terkait banyaknya komentar negatif terhadap rumput di stadion. 

Menurutnya, JIS maupun ketiga stadion lainnya sudah menggunakan standar yang ditetapkan oleh FIFA dalam memilih rumput, sehingga dengan hal ini tanggapan negatif tersebut menurutnya tidaklah sesuai. 

“Jika tidak layak, otoritas tertinggi sepak bola tertinggi dunia FIFA itu akan melarang penggunanya buat menggelar laga-laga turnamen,” Ujarnya. 

Di sisi lain, pihak FIFA juga telah menegaskan bahwa rumput di stadion tersebut sudah cocok untuk lapangan di Indonesia. 

Dilansir dari laman Antara, dikatakan bahwa kualitas rumput yang dipilih untuk JIS sangatlah baik, apalagi ditengah musim penghujan saat ini. 

Hal ini juga telah disampaikan oleh Alan Ferguson, Senior Pitch Management FIFA  yang mengatakan bahwa jenis rumput Zoysia yang dipilih, sudah cocok dengan daerah tropis seperti Indonesia. 

Apalagi menurutnya, musim penghujan seperti saat ini tentunya akan menjadi tantang tersendiri, namun tampaknya hingga saat ini rumput tersebut masih terlihat baik. 

Sehingga dengan hal tersebut, ia menegaskan bahwa pilihan penggunaan rumput Zoysia ini juga sudah sangat tepat, yang mana akhirnya menjadikan aset untuk sepak bola tanah air. 

Hal inilah yang membuat FIFA merasa puas dengan hasil kerja keras dari PSSi dan Pemerintah Indonesia, dalam melaksanakan dan memenuhi tuntutan untuk renovasi stadion. 

Baca Juga  Pesona Kuluner dan Film Indonesia di ASEAN-China Week 2023

“Sejauh ini hasilnya baik dan tim-tim yang telah memainkan pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Jakarta Internasional Stadium, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya dan Stadion Manahan Solo melaporkan kepuasan dengan kualitas stadion dan tempat latihan,” ungkapnya. 

Perlu untuk diketahui juga bahwa rumput yang digunakan untuk JIS ini merupakan hasil dari Universitas Pelita Harapan, yang memang telah menggunakan mesin khusus untuk mengambilnya. (*/Dinda)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *