Hari UMKM Nasional 2023, Kemenkop Dorong Teknologi dan Digitalisasi : Okezone Economy

JAKARTA – Indonesia memperingati Hari UMKM 2023 pada hari ini. Hari peringatan diambil dari tanggal lahir Mohammad Hatta, 12 Agustus.

Perayaan Hari UMKM 2023 diperingati dalam acara Hari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nasional Expo 2023 pada 10-13 Agustus 2023 di Pamedan Mangkunegaran Surakarta.

 BACA JUGA:

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mengangkat ekonomi lokal khususnya sektor UMKM, serta diharapkan dapat memperkuat UMKM sebagai salah satu pilar penggerak roda perekonomian bangsa.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim menjelaskan, UMKM memiliki peran penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi lokal dan pemberdayaan masyarakat. Pengembangan UMKM sangat krusial dan menjadi semangat untuk dapat mewujudkan UMKM yang unggul dalam setiap sisinya, mulai dari hulu hingga hilir.

 BACA JUGA:

“Untuk menjangkau tujuan ini, diperlukan pendekatan teknologi dan digitalisasi serta peningkatan kemampuan UMKM dalam memanfaatkan kreativitas untuk menghadapi tantangan masa depan,” tuturnya, Sabtu (13/8/2023).

Arif berharap untuk terus mewujudkan UMKM yang adaptif terhadap teknologi dan inovatif, serta dapat membuka lapangan pekerjaan, seperti hal nya kota Surakarta, yang merupakan kota dengan pusat ekosistem digital yang didukung oleh keberagaman budaya yang kaya dan semangat kolaboratif yang tinggi, sehingga sejalan dengan tema yang diusung dalam perayaan hari UMKM saat ini.

Sementara itu, dalam Hari UMKM Expo 2023, Pertamina memboyong 7 pelaku usaha mikro dan kecil (UMK) terbaik di sektor craft, fashion dan makanan serta minuman yang dibina Pertamina melalui Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil.

Baca Juga: Bertabur Hiburan dan Edukasi Keuangan, Pesta Rakyat Simpedes 2023 Siap Menyapa Warga Bandung


Follow Berita Okezone di Google News

Baca Juga  Berdandan Bak Alien, Katy Perry Pakai Gaun Rancangan Desainer Indonesia Mety Choa


Area Manager Communication, Relations, & Corporate Social Responsibility (CSR) Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan, pengembangan UMK merupakan kondisi yang diperlukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia lebih tinggi lagi. Pertamina menjalankan berbagai strategi pengembangan UMK agar naik kelas diantaranya penguatan daya saing, menciptakan produk-produk inovatif dan kreatif, memberikan pinjaman modal atau pembiayaan syariah, serta mendorong agar UMK mampu beradaptasi dan bertransformasi, salah satunya dalam hal digitalisasi.

 BACA JUGA:

“Perkembangan era digital membawa dampak dalam segala bidang termasuk ekonomi. Hal ini menjadikan digitalisasi UMK menjadi sangat penting,” ujar Brasto.

Pertamina terus berupaya memberikan berbagai pelatihan melalui program UMK Academy, dimana para UMK diberikan pelatihan intens terkait penggunaan platform digital dalam melakukan proses promosi dan penjualan untuk membantu UMK mendapatkan manfaat yang optimal dari digitalisasi.

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *