Panji Soeharto Serahkan Al-Quran ke Masjid YAMP Se-Kupang

Suara Denpasar – Panji Adhikumoro Soeharto, yang juga menjabat sebagai Ketua Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP), mengunjungi sejumlah masjid di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada tanggal 31 Oktober 2023. Masjid-masjid ini merupakan warisan dari kakeknya, HM. Soeharto, mantan Presiden Republik Indonesia yang juga menjadi Ketua YAMP.

Dalam kunjungan ini, Panji Adhikumoro Soeharto memberikan hadiah istimewa berupa Al-Qur’an mushaf Istiqlal dan sejumlah buku Yasin kepada masjid-masjid tersebut. Kehadiran Panji mendapat sambutan hangat dari para pengurus masjid, mengingat ini adalah kunjungan pertama kali dari seorang Ketua YAMP ke masjid-masjid yang berdiri berkat almarhum Pak Harto.

Menurut Sekretaris YAMP, Marsono, kunjungan Panji merupakan bagian dari program YAMP yang bertujuan menjalin silaturahmi yang erat dengan para pengurus masjid yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Patut diungkapkan bahwa Pak Harto berhasil membangun 999 masjid di seluruh Indonesia tanpa menggunakan dana APBN, melainkan dengan menggalang dana shadaqah dari para pegawai negeri sipil dan Anggota TNI yang beragama Islam melalui YAMP.

Sejumlah masjid yang didirikan oleh Pak Harto terletak di wilayah Nusa Tenggara Timur, khususnya di Kupang dan sekitarnya. Dalam catatan yang terdapat dalam “Buku 999 Masjid Pak Harto Jilid 5,” di NTT, terdapat 15 masjid YAMP yang tersebar di berbagai pulau, dengan 4 di antaranya berada di Kota Kupang, yaitu Masjid Al Muttaqien di Kelapa Lima, Masjid Agung Baiturrahman di Kota Lama, Masjid Nurul Iman di Oebobo, dan Masjid Darul Hijrah di Maulafa.

Pak Harto membangun masjid-masjid ini dengan tujuan untuk memberikan fasilitas peribadatan yang lebih baik bagi umat Islam saat itu yang memiliki keterbatasan. Pembangunan masjid-masjid ini berlangsung antara tahun 1987-1997, dan sejak itu, masjid-masjid ini telah berkembang menjadi pusat peribadatan serta pusat aktivitas peradaban yang melibatkan pendidikan, kesehatan, dan berbagai kegiatan ekonomi bagi umat.

Baca Juga  Kisah Tragis Pebulu Tangkis Malaysia Penakluk Viktor Axelsen, Terlibat Match Fixing hingga Dilarang Main oleh BWF hingga 2038! : Okezone Sports

Kehadiran Panji diharapkan dapat memotivasi kepada para pengurus masjid YAMP untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan muammalat yang mereka jalankan. (*)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *