Profesor UGM Thomas Dicky Wafat, Sosok Bersahaja Sering ke Kampus Naik Sepeda

Jakarta:  Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Thomas Dicky Hastjarjo meninggal dunia, Kamis, 3 Agustus 2023, pukul 00.36 pada usia 67 tahun.   Jenazah almarhum dipersemayamkan di Balairung Gedung Pusat UGM, kemudian dimakamkan di pemakaman keluarga besar UGM di Sawitsari.
 
Ketua Dewan Guru Besar (DGB) UGM, Mochammad Maksum menyampaikan ucapan belasungkawa atas berpulangnya mahaguru dan salah satu putra terbaik bangsa yang mendidik lulusan sarjana psikologi di Indonesia. “Saya atas nama keluarga besar UGM menghaturkan ungkapan duka cita atas berpulangnya almarhum. Semoga Almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT serta diterima segala amal ibadahnya. Semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kesabaran, ketabahan dan keikhlasan,” katanya dilansir dari laman UGM, Minggu, 6 Agustus 2023.
 
Menurut Maksum, Thomas adalah sosok yang selalu tampil sederhana dan bersahaja dalam kesehariannya.  “Beliau itu pergi dan pulang dari kampus sering dengan bersepeda,” kenangnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Maksum menambahkan, almarhum Thomas Dicky Hastjarjo dikukuhkan sebagai Guru Besar Fakultas Psikologi pada 5 Mei 2008.  Pada upacara pengukuhan tersebut, Thomas berpidato pengukuhan yang berjudul Mengintegrasikan Psikologi Peluang atau Mimpi.
 
Dalam pidatonya, Thomas menyampaikan, psikologi merupakan disiplin ilmu yang terpecah-pecah dan berkelompok. Keterpecahan psikologi bersumber dari banyak hal di antaranya berdasarkan belum didapatkannya kesepakatan tentang definisi dan objek studi psikologi, perbedaan teori, perbedaan metodologi dan perbedaan ilmu terapan.
 
Thomas Dicky Hastjarjo lahir di Solo, 28 Desember 1955. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana psikologi di Universitas Gadjah Mada, sedangkan gelar master dan doktor diselesaikan di American University, Amerika Serikat.
 
Dalam pekerjaannya pernah mengemban amanah sebagai anggota senat Fakultas psikologi, anggota senat akademik UGM, pengelola prodi S2 Psikologi, sekretaris bagian psikologi umum dan eksperimen, dan ketua prodi S3 Psikologi.
 

 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(CEU)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Acha Septriasa Ketahuan Selingkuh, Ini Sinopsis Film Suami yang Lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *