Siap-siap Macet Total! Jumlah Pemudik Lebaran 2024 Diprediksi Meningkat Drastis, Capai 136 Juta Jiwa

Suara.com – Korps Lalu Lintas atau Korlantas Polri memprediksi akan terjadi kenaikan jumlah pemudik pada Hari Raya Idul Fitri 2024. Kenaikan tersebut ditaksir mencapai 6 persen dibanding tahun sebelumnya.

Hal ini disampaikan Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan dalam Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Arus Mudik 2024 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

“Kemungkinan kenaikan atau animo masyarakat yang akan keluar dari Jabodetabek itu ada 5 sampai 6 persen,” kata Aan.

Pada momen Hari Raya Idul Fitri 2023 lalu, kata Aan, jumlah masyarakat yang melaksanakan mudik mencapai 123 juta jiwa.

“Kalau ditambah 5 persen, 6 persen itu ada diangka 136 juta, 136,7 juta tepatnya,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, Aan menyebut pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah. Mulai dari meninjau kesiapan jalur hingga menyiapkan skema rekayasa lalu lintas.

“Kita melakukan beberapa persiapan, kita melakukan survei kesiapan jalur, survei kesiapan operasional, kesiapan personel dan seluruh sarana prasarana,” ungkapnya.

Di sisi lain, Aan juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor. Imbauan tersebut disampaikan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Untuk sepeda motor itu kita tidak melarang, artinya tidak melarang. Tapi mengimbau, melihat angka kecelakaan lalu lintas yang ada di kita, 74 persen sepeda motor itu menjadi korban atau terlibat kecelakaan lalu lintas,” pungkasnya.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Tak Suka Barang Branded, Ini 5 OOTD Siti Atikoh dari Brand Lokal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *